Hajatan Di Atas Rel KA

Hajatan Di Atas Rel KA

Rabu, 17 November 2010

Profil Lokomotif BB301

Loko BB 301 25

Lokomotif BB301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,Jerman.
Lokomotif ini berdaya 1350 HP dengan berat 52 ton.Lokomotif ini digunakan untuk menarik KA Penumpang & KA Barang dengan kecepatan maksimum 120km/jam.Lokomotif ini bengandar BB,alias Bo-Bo,artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Semasa jayanya lokomotif ini pernah menarik berbagai macam KA unggulan,seperti Logawa,Tumapel,Gaya Baru Malam Selatan,& Mutiara Utara.Bahkan,KA Bima(KA Eksekutif pertama di Indonesia)juga ditarik oleh lokomotif ini pada awal pengoperasiannya.
Secara fisik,lokomotif ini mempunyai dua kabin masinis yang membuat masinis nyaman dalam mengoperasikannya,ini juga dimiliki oleh lokomotif BB304.Perbedaannya ada pada kisi radiator,jika lokomotif BB301 mempunyai dua kisi,maka BB304 mempunyai 6 kisi.
Sayangnya,di tahun 2010 ini spesies lokomotif BB301 tinggal sedikit karena banyak yang rusak digerogoti usia,bahkan kabarnya,di tahun ini lokomotif ini akan tergantikan oleh lokomotif diesel elektrik bersama dengan lokomotif diesel hidraulik lainnya.
Di bawah ini adalah daftar BB301 yang masih beroperasi & dipo induknya:
-BB301 17,BB301 23,& BB301 41(Bandung,Jawa Barat)
-BB301 25,BB301 26(Madiun,Jawa Timur)
-BB301 08,BB301 09,BB301 11,BB301 18,BB301 23,& BB301 34(Sidotopo,Jawa Timur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar